Bus Ini Bisa Melayani Penumpang Tanpa Sopir

 

China baru baru ini memperkenalkan model alat transportasi publik baru yang disebut Smart Bus. Hebatnya, ia bisa beroperasi tanpa pengemudi. Yang diperlukan hanyalah track berupa garis garis putih.

Alat transportasi ini sekilas mirip kereta api atau trem. Kemiripannya terletak pada kemampuannya membawa gerbong yang bisa ditambah atau dikurangi sesuai kebutuhan.

Juga pada kebutuhannya pada track atau rel. Hanya saja relnya hanya berupa cat garis garis putih. Sensor pada kendaraan ini akan mengikuti garis garis tersebut.

Pembuatnya, perusahaan transportasi CCRC China, menyebutnya bus pintar (smart bus). Disebut bus, karena ia berjalan dijalan raya diatas ban karet sebagaimana bus pada umumnya.

"Seperti memiliki rel virtual untuk bus ini" kata Feng Jianghua, kepala insinyur CRRC.

Smart Bus ini bisa mengangkut 300 penumpang dalam tiga rangkaian gerbong yang bisa dibongkar pasang sesuai kebutuhan.

Nama resmi dari alat transportasi ini adalah ART (Autonomous Rail Rapid Transit). Lebih murah daripada model transportasi lain, karena ia tidak



membutuhkan banyak infrastruktur sarana prasarana untuk dibangun. Merupakan solusi murah untuk desa desa terpencil atau kota kota kecil yang sulit dilalui kereta api.

Sebagai perbandingan, untuk membuat busway membutuhkan biaya sekitar $102.000.000 per kilometer sementara untuk membangun ART ini cukup dengan biaya $2.000.000 per kilometer.

ART ini masih dalam tahap ujicoba, dan akan beroperasi mulai tahun 2018. Saat ini sudah ada 6.5 meter jalur ART di kota Zhuzhou China

Saksikan ilustrasi 3 Dimensi dalam video berikut :

https://youtu.be/2i3aVMKBgFU

posted from Bloggeroid

Bus Ini Bisa Melayani Penumpang Tanpa Sopir 4.5 5 Subhan Hidayat China baru baru ini memperkenalkan model alat transportasi publik baru yang disebut Smart Bus. Hebatnya, ia bisa beroperasi tanpa pengemudi....


Sampah Digital. Powered by Blogger.

Sampah Digital

Selamat Datang di area pembuangan akhir Sampah Digital.
Blog ini khusus memuat hal hal menarik yang diperoleh selama browsing. Sayang sayang bila tidak diambil dan dimanfaatkan. Maklumlah yang menulis mantan pemulung. Jadi ini adalah panggilan jiwa pemulung.

Selamat membaca, mudah mudahan bermanfaat.

Contact

Name

Email *

Message *

Followers

Terhangat