Pagi Hari Bukan Waktunya Ngopi, Ini Dia Alasannya

 


Anda minum kopi setiap pagi...?  Saya juga, Kita sama. Enak sekali menjelang berangkat kerja sambil sarapan kita serapat seruput kopi. Sambil baca koran atau main laptop. Semua orang yang doyan ngopi pun melakukannya. Coba habis sholat subuh jalan jalan sebentar. Warung warung kopi itu penuh mas....

Tapi hari ini saya membaca artikel berjudul "This Why You Shouldnt be Drink Coffee First Think In The Morning" tulisan Olivia Ovenden. Ini artikel menunjukkan bahwa minum kopi pagi pagi itu salah. Berikut ini alasannya :

Sebuah penelitian tentang manfaat minum kopi dipagi hari telah dilakukan oleh seorang mahasiswa kandidat Ph.D bernama Steven Miller dari Uninformed Services University Of The Health Science di Bethesda. Amerika Serikat. Universitas ini milik pemerintah Amerika Serikat, dan cukup memiliki nama dalam menyediakan tenaga tenaga ahli kesehatan yang mengabdi pada negara tersebut.

Kesimpulan penelitian tersebut adalah, bahwa manusia sudah memiliki hormon Cortisol yang berguna bagi tubuh untuk menghadapi tekanan dan stress. Hormon ini secara rutin akan dilepaskan tubuh setiap pagi, antara pukul 08.00 sampai 09.00, dan tengah malam. Dengan hormon ini manusia menjadi awas, segar, melek, dan siap menghadapi pekerjaan. 

Karena itu, meminum kopi dipagi hari dengan tujuan untuk menghilangkan kantuk, membuat badan segar dan melek, adalah mitos dan perbuatan sia sia. Menurut Steven Miller, kebiasaan minum kopi pagi pagi justru akan membuat badan mentoleransi kafein, dan dalam waktu yang lama membuat kafein tidak mempan lagi untuk membuat awas dan menghilangkan kantuk.



Jadi kapan mestinya kita minum kopi..?


Menurut Steven Miller, kita minum kopi ketika manfaat kortisol sudah mulai menurun, dengan ciri ciri kehilangan konsentrasi, tidak awas, ngantuk dan cape. Disini mungkin kandungan kafein pada kopi bisa bermanfaat. Menurutnya, saat saat ngopi yang baik adalah pukul 09.30 - 11.30, dan antara pukul 13.30 - 17.00 sore. 

Jadi, masih mau ngopi pagi hari...?


Mau lah...bagi saya ngopi itu bukan untuk sekedar menghilangkan ngantuk, tapi sudah menjadi kenikmatan harian. Ga peduli jam berapa kalo pengen ngopi ya ngopi...ada tamu, ngopi....bertamu kerumah orang , ngopi....nongkrong di kebun, ngopi...sebelum merem tidur, juga ngopi. he..he...
Pagi Hari Bukan Waktunya Ngopi, Ini Dia Alasannya 4.5 5 Subhan Hidayat Anda minum kopi setiap pagi...?  Saya juga, Kita sama. Enak sekali menjelang berangkat kerja sambil sarapan kita serapat seruput kopi. ...


Sampah Digital. Powered by Blogger.

Sampah Digital

Selamat Datang di area pembuangan akhir Sampah Digital.
Blog ini khusus memuat hal hal menarik yang diperoleh selama browsing. Sayang sayang bila tidak diambil dan dimanfaatkan. Maklumlah yang menulis mantan pemulung. Jadi ini adalah panggilan jiwa pemulung.

Selamat membaca, mudah mudahan bermanfaat.

Contact

Name

Email *

Message *

Followers

Terhangat