Bocah Ini Terperangkap Dalam Tubuh Kakek Berusia 120 Tahun

 

Nihal Bitla - Penderita Progreia

Penderita progeria yang sangat inspiratif dari India. Anak ini baru saja merayakan ulang tahunnya yang ke 14 tahun. Hanya saja tubuhnya terlihat sangat tua. Kurus, keriput dan berkepala botak mirip kakek kakek berumur 120 tahun.

Seorang remaja dari Mumbay India bernama Nihal Betla, telah menarik perhatian dunia kedokteran karena tubuhnya menua 8 kali lebih cepat dari manusia normal. Penuaan ini meliputi semua anggota badannya (mulai dari kulitnya hingga organ organ dalamnya). Yang tidak menua hanyalah mata dan fikirannya. Ia tetap berfikiran seperti anak anak seusianya. Senang main komputer, games, layaknya anak anak usia 14 tahun. 


Hobi Melukis

Bermain Komputer

Nihal Bitla yang tinggal di Mumbay ini menderita kondisi progeria, sebuah kelainan genetik yang sangat langka yang biasa disebut HGPS (Hutchinson-Gilford Progeria Syndrome). Yang menyebabkan ia menua lebih cepat.

Penyakit ini juga menyebabkannya keriput, botak, menderita gangguan jantung dan arthritis. Otot otot dibawah kulitnya melemah, demikian juga sendi sendinya menyebabkan ia sulit menggerakkan jari jari, pergelangan kaki, dan lututnya. 

Kelemahan ini membuat Nihal tidak bisa lagi menekuni hobinya melukis dan ia terpaksa berhenti sekolah. Dalam beberapa tahun kedepan, mungkin Nihal tidak bisa lagi membawa mainan mainannya. 

Nihal Bitla dan Karyanya

Gambar Ganesha oleh Nihal Bitla


Penderita progeria rata rata mereka hanya sanggup hidup sampai usia 14 tahun. Dan kebanyakan mereka meninggal karena serangan jantung.
Bocah Ini Terperangkap Dalam Tubuh Kakek Berusia 120 Tahun 4.5 5 Subhan Hidayat Nihal Bitla - Penderita Progreia Penderita progeria yang sangat inspiratif dari India. Anak ini baru saja merayakan ulang tahunnya ya...


Sampah Digital. Powered by Blogger.

Sampah Digital

Selamat Datang di area pembuangan akhir Sampah Digital.
Blog ini khusus memuat hal hal menarik yang diperoleh selama browsing. Sayang sayang bila tidak diambil dan dimanfaatkan. Maklumlah yang menulis mantan pemulung. Jadi ini adalah panggilan jiwa pemulung.

Selamat membaca, mudah mudahan bermanfaat.

Contact

Name

Email *

Message *