Great Pacific Garbage Patch, Pulau Sampah Terbesar

 

storify.com

Great Pacific Garbage Patch. 

Great Pacific Garbage Patch (GPGP) adalah kumpulan sampah mengambang yang ukurannya begitu luas ditengah samudra Pacifik. Great Pacific Garbage Patch mengambang di samudra Pasific Utara antara Hawai dan California. Diperkirakan, luasnya saat ini telah sebesar 1 1/2 kali ukuran daratan Amerika Serikat. Sebelumnya ia hanya dikonfirmasikan seluas 2 kali lipat Texas dengan panjang sekitar 2000 mil atau dua pertiga Tembok Besar China. Tentu saja tidak bisa dipastikan berapa besar ukurannya, karena sampah sampah tersebut terus bergerak.

Mengarungi sampah plastik. apakah ini foto GPGP ?



Jangan dibayangkan, GPGP itu membentuk sebuah pulau sampah padat yang bisa diinjak. Yang dimaksud GPGP adalah cemaran sampah yang mengapung timbul tenggelam ditengah laut. Ada yang terkonsentrasi, ada yang mengapung terpisah pisah. Konsentrasinya diperkirakan  4 partikel per meter kubik. Ada yang bisa dilihat dengan mata telanjang, ada juga yang tidak. 

Capt. Charles Moore
Charles Moore menemukan GPGP pada tahun 1997 ketika ia berlayar pulang dari lomba perahu layar rekreasi di Hawaii. Dia memutuskan untuk mengambil rute pulang yang baru, yang belum pernah dilaluinya. Setengah jalan pulang ia benar benar terkejut ! Saat ia melihat sekelilingnya ia menyadari bahwa laut itu benar benar penuh plastik. Mr Moore menggambarkan apa yang dilihatnya, sampah sampah yang tidak bisa hancur secara alami termasuk botol, tutup botol, bungkus makanan dan sampah plastik. Katanya : 
Saya tahu ini terdengar seperti mimpi buruk, tapi sayangnya ini adalah kenyataan.
Kumpulan kumpulan sampah ditengah lautan, diperkirakan ada dibeberapa titik. Sampai saat ini, para ilmuwan telah mengkonfirmasi adanya 5 titik penumpukan sampah di samudra Pasific. Yang terbesar adalah GPGP. Pola arus air laut yang memusar, telah menyatukan berbagai sampah yang dibuang dilautan. Amerika Serikat menjadi negara nomor satu yang paling banyak menyumbang sampah plastik di lautan. Sampah sampah tersebut kemudian terbawa arus, dan menumpuk di titik titik pusaran. Dibutuhkan waktu 1 tahun bagi sampah itu untuk sampai ke sana. 

Beberapa konsentrasi sampah di samudera dunia. GPGP meliputi 2 titik dibarat dan di timur

Keberadaan sampah itu tentu saja sangat mengganggu habitat kehidupan flora dan fauna. Banyak temuan temuan hewan hewan dalam kondisi mengenaskan. Mulai dari penyu yang terjerat plastik, sampai burung yang mati karena kebanyakan makan sampah. 








Diperkirakan ada 200 juta ton sampah mengotori laut kita.
Great Pacific Garbage Patch, Pulau Sampah Terbesar 4.5 5 Subhan Hidayat storify.com Great Pacific Garbage Patch.  Great Pacific Garbage Patch (GPGP) adalah kumpulan sampah mengambang yang ukurannya b...


Sampah Digital. Powered by Blogger.

Sampah Digital

Selamat Datang di area pembuangan akhir Sampah Digital.
Blog ini khusus memuat hal hal menarik yang diperoleh selama browsing. Sayang sayang bila tidak diambil dan dimanfaatkan. Maklumlah yang menulis mantan pemulung. Jadi ini adalah panggilan jiwa pemulung.

Selamat membaca, mudah mudahan bermanfaat.

Contact

Name

Email *

Message *